Orem-Orem, Kuliner Khas Malang Berbahan Dasar Tempe

Pada catatanku kali ini, akan dibahas mengenai Orem-Orem kuliner khas Malang berbahan dasar tempe. Mulai dari apa itu orem-orem khas Malang?, Warung-warung di Malang yang menjual orem-orem, hingga resep orem-orem tempe khas Malang.

Selain kaya dengan destinasi wisata, kotanya Aremania ini juga kaya akan kuliner unik dan enak. Sebut saja kuliner mentok pedas khas Malang, bakso Malang, hingga minuman hangat wedang Angsle khas Malang.

Apa Itu Orem-Orem?


Orem-orem adalah kuliner khas Malang yang berbahan dasar irisan tempe dan dimasak bersama kuah santan kental. Rasa kuah orem-orem mirip sayur lodeh dengan rasa sedikit pedas.

Penyajiannya adalah irisan ketupat yang diberi tauge, tempe goreng dan kemudian disiram kuah santan dan juga taburan bawang goreng. Kawan-kawan bisa menambahkan kecap manis dan sambal sesui selera untuk menambah cita rasa. Selain itu juga bisa ditambahkan ayam ataupun telor.

Ada dua jenis tempe yang biasa digunakan dalam pembuatan Orem-orem, yaitu tempe kedelai khas Malang dan tempe menjes atau tempe gembus.

Yang unik dari orem-orem ini adalah cara memasaknya yang masih menggunakan arang. Sehingga akan menciptakan rasa dan bau yang khas dari orem-orem khas Malang ini.

Saat ini orem-orem khas Malang ini dijual dengan berbagai varian. Tentunya tidak meninggalkan kekhasannya, yaitu tempe khas Malang dan juga kuah santan yang pedas. Kedua varian yang umum adalah orem-orem tempe dan ayam, dan juga orem-orem tempe dan telor.

Warung Orem-Orem Terkenal di Malang


Pada awalnya, orem-orem khas Malang ini hanya disajikan saat ada gelaran hajatan seperti pernikahan, khitanan atau tasyakuran. Namun sejak sekitar tahun 1983, orem-orem khas Malang ini sudah mulai dijual di beberapa warung di kota Malang.

Berikut adalah rekomendasi warung Orem-Orem khas Malang yang dapat dinikmati langsung di kota asalnya.

1. Warung Orem-Orem Khas Arema


Warung ini terletak di dekat Universitas Negeri Malang, tepatnya di Jalan Blitar No 14, Sumbersari, Lowokwaru, Malang. Warung ini buka mulai pukul 09.30 sampai dengan 15.30. Jangan kesini ketika hari jumat, karena warung ini tutup.

Di warung ini dijual orem-orem biasa, orem-orem telur dan orem-orem ayam. Harganya mulai Rp8.000 sampai Rp 12.000, tergantung lauknya. Kuah orem-orem santannya ringan tapi gurih jadi tidak bikin enek. Ditambah dengan irisan tempe dan ketupat yang empuk, semakin nikmat dinikmati bersama pacar, keluarga atau teman-teman.

2. Warung Orem-Orem Barokah Pak Syahri


Warung orem-orem Barokah ini dikelola oleh Pak Haji Moch. Syahri, sehingga ada yang menyebutnya warung orem-orem Pak Syahri. Waring ini beralamat di Jalan Gatot Subroto No 72, Jodipan, Blimbing, Malang. 

Warung yang mulai berdiri pada tahun 1989 ini mulai jualan sekitar jam sembilan pagi sampai lima sore. Buka setiap hari kecuali hari Jumat.

Orem-orem disini masih dimasak dengan bahan bakar arang. Sama dengan orem-orem pada umumnya, isinya ada potongan ketupat, tauge rebus, irisan tempe. Diguyur kuah santan encer yang gurih. Selain itu juga tersedia lauk seperti perkedel kentang, tempe goreng dan mendol tempe.

3. Warung Orem-Orem Comboran Pak Tik


Warung orem-orem Comboran Pak Tik ini beralamat di Jl. Irian Jaya No.1, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang. Warung ini berdiri sejak tahun 1967 dan dikelola oleh Haji Abdul Manun atau Pak Tikmanan.

Selain dapat menikmati sepiring orem-orem tempe khas Malang, kawan-kawan bisa menambahkan telor asin,  tempe goreng atau mendol yang juga tidak kalah enaknya.

4. Warung Orem-Orem Khas Malang Bapak Mahmudi


Kalo sedang di daerah Singosari, kawan-kawan bisa mampir ke warung orem-orem khas Malang Bapak Mahmudi yang bertempat di Jalan Raya Singosari No 40, Pangetan, Singosari, Malang. Warung ini buka setiap hari mulai jam tujuh pagi hingga delapan malam.

Warung yang berdiri sejak 1975 ini, selain menyediakan menu orem-orem tempe khas Malang, juga menyediakan telur asin, mendol dan tempe goreng. Harganya juga ramah di kantong.

Selain warung orem-orem tersebut diatas, juga masih ada warung-warung lainnya yang menjual orem-orem khas Malang yang tersebar di daerah Malang.

Resep Orem-Orem Khas Malang


Orem-orem yang lezat tentu saja membutuhkan keahlian memasak untuk mengolah semua bahan dan bumbu dengan pas. Untuk memasak dan mengolah orem-orem khas Malang, kawan-kawan dapat mengikuti resep, bahan-bahan dan juga cara memasak orem-orem khas Malang berikut ini.

Bahan Orem-orem khas Malang


Berikut adalah bahan orem-orem khas Malang untuk 5 porsi:
  1. 50 gram tempe menjes atau tempe gembus, potong dadu kecil-kecil.
  2. 250 gram tempe, potong dadu kecil-kecil.
  3. 150 gram udang segar kupas.
  4. 150 gram taoge, seduh air panas, tiriskan.
  5. 500 ml santan encer.
  6. 5 buah ketupat matang siap pakai, potong dadu sedang.
  7. 5 buah kerupuk mi putih.

Bumbu halus
  1. 1 sdm bawang putih iris
  2. 1 sdt ketumbar
  3. 4 butir kemiri
  4. 1 sdt kencur iris
  5. Cabe rawit sesuai selera

Bumbu lain
  1. 1 lembar daun salam
  2. 2 lembar daun jeruk
  3. 1 iris lengkuas
  4. 3 buah cabai hijau, iris miring
  5. 2 sdm daun bawang iris
  6. 3 buah cabai merah, iris miring

Cara membuat orem-orem tempe khas Malang


Berikut adalah cara mudah untuk membuat orem-orem tempe khas Malang:
  1. Haluskan bumbu-bumbu halus.
  2. Masukkan santan, bumbu halus, bumbu lain, tempe, tempe menjes, dan udang kupas pada panci.
  3. Masak dengan api sedang sampai mendidih dan bumbu meresap. 
  4. Setelah matang, matikan kompor dan angkat panci yang berisi orem-orem khas Malang yang siap disajikan.
  5. Siapkan 5 piring saji. Isi dengan ketupat yang telah dipotong dan taoge rebus. 
  6. Siram dengan sayur tempe. Beri kerupuk dan sambal terasi. 
  7. Tambah lauk sesuai selera (tempe goreng, ayam, telor, dll).
  8. Hidangkan selagi panas.

Itulah tadi artikel tentang apa itu orem-orem khas Malang?, Warung-warung di kota Malang yang menjual menu orem-orem khas Malang, dan juga resep serta cara membuat orem-orem khas Malang.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url