Cara Transfer Beda Bank Tanpa Biaya Admin Menggunakan Flip

Selama ini ketika kawan-kawan melakukan transfer beda Bank akan terkena biaya transfer sekitar Rp 2.500 ~ Rp 6500. Tentu bagi yang sering melakukan proses transfer beda Bank akan merasa terbebani dengan biaya transfer antar Bank tersebut.

Lalu bagaimana cara transfer beda Bank dengan bebas biaya alias gratis?

Untuk dapat melakukan transfer beda Bank tanpa biaya transfer, kawan-kawan dapat menggunakan Flip. Flip adalah aplikasi transfer uang ke bank tujuan yang berbeda dengan bank yang kawan-kawan gunakan tanpa biaya transfer.

Bank Yang Dapat Menggunakan Flip Untuk Mendapatkan Fasilitas Bebas Biaya Transfer


Dengan aplikasi Flip, kawan-kawan dapat melakukan kirim uang ke bank tujuan yang berbeda dengan bank yang digunakan untuk transfer dengan tanpa biaya transfer. Dengan Flip kawan-kawan dapat melakukan transfer uang bebas biaya admin ke lebih dari 100 bank di Indonesia termasuk bank swasta dan bank daerah (Bank Pembangunan Daerah). 

Sedangkan untuk bank pengirim, saat ini Flip telah bekerja sama dengan Bank Mandiri, BRI, BNI, Bank Syariah Indonesia (BSI), BCA, Jenius/BTPN, CIMB/CIMB Syariah, Muamalat, Permata/Permata Syariah, Digibank/DBS, dan Danamon/Danamon Syariah.

Apakah Transaksi Menggunakan Flip Aman?


Berdasarkan info dari website FLIP, disebutkan bahwa Flip merupakan perusahaan transfer dana yang telah memiliki lisensi dari Bank Indonesia dengan nomor 18/196/DKSP/68.

Selain itu untuk menjamin keamanan dalam proses transaksi menggunakan Flip, Flip juga menerapkan keamanan ganda pada data pribadi seluruh pengguna Flip dan menjamin semua proses transaksi yang terjadi di aplikasi seperti transfer uang antarbank, kirim uang ke luar negeri, top-up e-wallet, dan produk digital lain dalam pengawasan Bank Indonesia.

Cara Transfer Beda Bank Gratis Menggunakan Flip


Untuk dapat melakukan transfer beda bank dengan Flip, kawan-kawan harus melakukan pendaftaran akun Flip, baik melalui website ataupun aplikasi Flip.

Setelah terdaftar kawan-kawan pengguna baru Flip dapat mencoba melakukan transfer beda Bank di Flip dengan limit transaksi sampai dengan Rp500.000 per akun. Jika kawan-kawan memiliki kebutuhan transfer lebih dari Rp500.000, silakan lakukan verifikasi identitas terlebih dahulu. Verifikasi identitas ini bisa dilakukan baik di Aplikasi ataupun Website Flip. Verifikasi identitas Flip ini sama sekali tidak dipungut biaya.

Untuk melakukan transaksi kirim uang di Flip  kawan-kawan tidak perlu top up saldo di akun Flip. Setelah selesai proses pendaftaran akun Flip, kawan-kawan langsung login ke akun Flip, kemudian pilih tombol “Kirim Uang Gratis”. Setelah itu, silakan ikuti langkah-langkah yang tertera di Flip.

Berikut adalah cara untuk melakukan transaksi kirim uang beda Bank di Flip tanpa biaya admin:

  1. Buka Flip.
  2. Masuk atau Login di akun Flip.
  3. Pilih tombol “Transfer".
  4. Pilih bank tujuan transfer, kemudian masukkan nomor rekening tujuan transfer. Jangan lupa untuk pilih “CEK NAMA” untuk verifikasi nomor rekening tujuan. 
  5. Pastikan nomor rekening dan nama tujuan transfer yang ditampilkan di layar sudah benar, kemudian pilih "LANJUT".
  6. Isikan nominal transfer dan berita transfer (minimal nominal transfer di Flip adalah Rp10.000).
  7. Pilih “LANJUT”.
  8. Perhatikan halaman review transaksi untuk memastikan setiap data transaksi pengiriman uang yang akan dilakukan sudah benar. 
  9. Jika sudah sesuai, Pilih “LANJUT KE PENGIRIMAN” untuk melanjutkan proses pembuatan transaksi.
  10. Pilih Bank Pengirim yang akan digunakan. Pastikan bahwa Bank pengirim yang dipilih sesuai dengan yang akan digunakan untuk transfer ke Flip.
  11. Selanjutnya proses Konfirmasi Transaksi. Pada halaman ini, tertampil detail transaksi yang dibuat. Rekening atas nama PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi adalah rekening Flip. Lakukan transfer ke rekening tersebut via ATM/internet/mobile banking sebesar nominal+kode unik yang ditampilkan di layar.
  12. Setelah melakukan transfer ke rekening Flip, kemudian klik tombol “SAYA SUDAH TRANSFER”.
  13. Pastikan nama rekening yang digunakan saat transfer sama dengan nama akun di Flip serta uang transfer sudah terdebit ke rekening Flip. Jika sudah dipastikan sesuai silakan klik tombol “SUDAH”. Setelah itu, Flip akan melakukan pengecekan dan memproses transaksi kawan-kawan. Waktu yang dibutuhkan untuk memproses transaksi umumnya adalah sekitar 10 menit. Selagi transaksi diproses, Kawan-kawan dapat menutup halaman tersebut dan Flip akan tetap melakukan proses transaksi.
  14. Jika ada kendala pada transaksi transfer uang beda Bank di Flip dan Flip membutuhkan konfirmasi lebih lanjut, Flip akan mengirimkan email dan notifikasi di aplikasi agar kawan-kawan segera mengunggah bukti transfer. Pada halaman transaksi akan muncul tombol unggah bukti transfer, dan segera unggah bukti transfer agar dapat dilakukan pengecekan manual oleh Flip.
  15. Transaksi Berhasil Diproses. Jika transaksi telah berhasil diproses, Flip akan menampilkan bukti transfer dan mengirimkan detail transaksinya ke email yang didaftarkan.

Apa Yang Terjadi Jika Transfer Tidak Menggunakan Kode Unik atau Tidak Sesuai Nominal Yang Ditampilkan di Flip?


Kode unik adalah tambahan nominal transfer yang berupa kode unik yang ditetapkan oleh sistem Flip untuk mempermudah Flip melakukan verifikasi transaksi kawan-kawan agar bisa diproses lebih cepat.

Nominal kode unik yang ditransfer ke rekening Flip akan dikembalikan ke Saldo Flip akun kawan-kawan. Saldo Flip ini dapat digunakan untuk membeli pulsa, paket data, dan listrik PLN. Selain itu kawan-kawan juga dapat mencairkan kode unik yang terkumpul di saldo Flip ke rekening kawan-kawan dengan jumlah minimal Rp10.000 pada menu "Tarik Saldo".

Sistem Flip tidak dapat memproses transaksi jika kawan-kawan mentransfer ke rekening Flip tidak menambahkan kode unik sesuai yang ditunjukkan di Flip atau salah nominal transfer. 

Jika terjadi hal tersebut kawan-kawan dapat mengajukan refund (pengembalian dana) terlebih dahulu di menu "Refund" yang ada di halaman awal aplikasi atau ke https://flip.id/refund.

Jangan lupa saat kawan-kawan mengajukan refund pastikan tiga hal berikut sudah sesuai, yaitu:
  1. Bukti transfer yang diunggah adalah bukti transfer/bukti mutasi dari bank.
  2. Pilih bank dan nomor rekening tujuan refund yang sama dengan rekening yang digunakan saat transfer ke Flip. 
  3. Nominal yang diinput harus sama dengan yang nominal yang sudah ditransfer ke rekening Flip.

Jika kawan-kawan ingin melanjutkan transaksi kirim uang yang telah dilakukan sebelumnya, kawan-kawan dapat transfer kembali dengan nominal dan kode unik yang sesuai untuk transaksi tersebut dan jangan lupa untuk mengunggah bukti transfer yang baru di halaman transaksinya.

Untuk maksimal transaksi tanpa biaya adalah Rp5.000.000 / hari. Ketentuan tersebut bersifat akumulasi. Jadi jika transaksi kawan-kawan sudah mencapai Rp5.000.000 dalam satu hari, berapapun nominal transaksi kawan-kawan berikutnya akan dikenakan biaya admin sebesar Rp2.500 per transaksi dengan maksimal nominal per transaksi adalah Rp20.000.000 tanpa ada batasan limit berapa kali transfer per hari. 

Itulah tadi cara transfer beda Bank tanpa biaya administrasi alias gratis menggunakan Flip.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url