Cara Daftar Akun Flip Lewat Aplikasi dan Website

Biaya transfer antar Bank tentunya menjadi perhatian bagi kawan-kawan, terutama yang sering melakukan transfer antar Bank dalam kesehariannya. Rata- rata biaya transfer antar Bank adalah Rp 2.500 - Rp 6.500, walaupun beberapa Bank mungkin ada yang menggratiskan dengan beberapa sarat dan ketentuan yang berlaku.

Bagi kawan-kawan yang ingin melakukan transfer antar Bank tanpa biaya administrasi alias gratis, dapat menggunakan Aplikasi Flip untuk melakukannya. Lalu apakah Flip itu?

Flip adalah perusahaan transfer dana bebas biaya administrasi yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia dengan Nomor Izin 18/196/DKSP/68. Karena telah terdaftar di Bank Indonesia maka transaksi menggunakan Flip ini tentunya aman dilakukan.

Selain itu, Flip juga menerapkan keamanan ganda pada data pribadi seluruh pengguna Flip dan menjamin semua proses transaksi yang terjadi di aplikasi seperti transfer uang antarbank, kirim uang ke luar negeri, top up e-Wallet, dan produk digital lain dalam pengawasan Bank Indonesia.

Untuk dapat menggunakan Flip, tentunya kawan-kawan harus melakukan pendaftaran di aplikasi Flip. Untuk daftar akun Flip kawan-kawan dapat menggunakan salah satu cara berikut:
  • Daftar / membuat akun flip lewat aplikasi Flip, dan
  • Daftar / membuat akun Flip lewat website.

Cara Daftar / Membuat Akun Flip Lewat Aplikasi


Untuk daftar atau membuat akun Flip, kawan-kawan terlebih dahulu haruslah meng-install aplikasi flip lewat Play Store bagi pengguna Android dan AppStore bagi pengguna IOS.

Setelah berhasil install aplikasi Flip di smartphone, berikut adalah cara untuk membuat atau daftar akun Flip lewat aplikasi:

  1. Buka aplikasi Flip kemudian pilih 'Buat Akun'
  2. Masukkan nama lengkap sesuai kartu identitas dan juga nomor handphone yang aktif atau terdaftar di WhatsApp.
  3. Masukkan alamat email yang masih aktif.
  4. Buat password yang terdiri minimal 8 karakter, bisa huruf, angka, ataupun kombinasi huruf dan angka.
  5. Setelah itu klik 'Daftar'
  6. Selanjutnya kawan-kawan harus melakukan verifikasi nomor handphone. Kawan-kawan bisa memilih dua metode pengiriman kode verifikasi, yaitu bisa melalui sms atau via whatsapp.
  7. Setelah itu, Flip akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor handphone yang didaftarkan. Silakan input kode verifikasinya di aplikasi. Kode verifikasi ini bersifat rahasia, jadi jangan berikan kode ini kepada siapapun.

Setelah melakukan cara untuk membuat akun Flip lewat aplikasi diatas, kawan-kawan sudah bisa menggunakan layanan kirim uang dengan limit nominal akumulasi hingga Rp500.000 serta pembelian pulsa/paket data/listrik PLN.

Setelah limit Rp500.000 tercapai, kawan-kawan harus melakukan verifikasi identitas. Verifikasi identitas ini juga bisa dilakukan lewat aplikasi Flip.

Cara Verifikasi Akun Flip Melalui Aplikasi Flip


Setelah berhasil membuat akun Flip, segera lakukan verifikasi akun Flip kawan-kawan,agar segera dapat menikmati layanan Flip yang lebih lengkap, seperti bisa transfer lebih dari Rp500.000, bisa melakukan pengisian dan penarikan saldo akun Flip, melakukan pembelian produk digital menggunakan saldo dan tentunya dengan layanan tersebut transaksi keuangan kawan-kawan akan semakin mudah dan tentunya bisa banyak berhemat.

Lalu apakah verifikasi akun Flip itu sulit? Tenang, proses verifikasi akun Flip cukup mudah. Kawan-kawan dapat melakukan verifikasi akun Flip lewat aplikasi Flip. Berikut adalah cara untuk verifikasi akun Flip lewat aplikasi Flip:

  1. Buka aplikasi Flip dan Login ke akun Flip, kemudian klik 'Lengkapi informasimu dan dapatkan keuntungan yang maksimal!'
  2. Akan ditampilkan keuntungan melakukan verifikasi akun Flip. Klik 'Lanjut Verifikasi'.
  3. Silakan pilih 'Isi Data Diri' untuk membuka form data diri yang harus diisi.
  4. Silakan isi data diri sesuai dengan data yang tertera di kartu identitas. Data yang harus diisi diantaranya: nama lengkap, pekerjaan, tempat & tanggal lahir, alamat lengkap sesuai kartu identitas. Data ini Flip butuhkan untuk pelaporan ke Bank Indonesia dan disimpan dengan keamanan berlapis. Jika semua data diri sudah dilengkapi silakan klik 'Simpan Data'.
  5. Berikutnya pilih 'Verifikasi Email' untuk mengkonfirmasi email yang terdaftar di akun Flip.
  6. Flip akan mengirimkan email verifikasi ke email yang terdaftar di akun Flip. Silakan buka aplikasi email dengan klik tombol 'Buka Aplikasi Email'.
  7. Jika kawan-kawan telah melakukan verifikasi email, proses selanjutnya pilih 'Verifikasi Identitas'.
  8. Pilih dokumen identitas yang digunakan, yaitu KTP atau Paspor yang masih aktif. Kemudian masukkan nomor kartu identitas yang digunakan. Setelah itu, klik tombol 'Lanjut Foto Dokumen'.
  9. Untuk verifikasi identitas, langkah pertama adalah unggah dokumen verifikasi berupa foto e-KTP/Paspor yang masih aktif. Pastikan foto e-KTP/Paspor yang diunggah harus terlihat jelas, lengkap/tidak terpotong, dan horizontal. Kartu Identitas yang dapat digunakan adalah e-KTP/Paspor asli dan bukan fotokopi. Jika e-KTP kawan-kawan belum jadi, silakan mengunggah surat keterangan identitas yang masih berlaku.
  10. Langkah kedua verifikasi identitas adalah unggah foto wajah / selfie. Foto wajah yang diunggah harus terlihat jelas, lengkap/tidak terpotong, dan horizontal. Agar verifikasi identitas langkah kedua berhasil, berikut adalah tipsnya:
    • Ambil foto di tempat yang cukup terang. 
    • Jangan menggunakan aksesori di bagian wajah, seperti kacamata. 
    • Usahakan foto tidak buram.
    • Jangan menggunakan filter kamera untuk memastikan verifikasi berhasil.
  11. Langkah ketiga verifikasi identitas adalah mengunggah foto yang sedang memegang e-KTP/Paspor . Foto selfie dengan memegang kartu identitas yang diunggah harus jelas, lengkap/tidak dipotong, dan horizontal. Agar verifikasi identitas langkah ketiga tidak gagal berikut adalah tipsnya:
    • Ambil foto di tempat yang cukup terang. 
    • Jangan gunakan aksesoris pada wajah, seperti kacamata. 
    • Pastikan foto wajah dan foto selfie dengan memegang kartu identitas diambil secara realtime (pada waktu dan tempat yang hampir sama). 
    • Foto wajah terlihat jelas, tidak tertutup KTP.
  12. Setelah ketiga foto tersebut diunggah dan dikonfirmasi sesuai, jangan lupa klik 'Verifikasi Identitas'.

Setelah semua proses diatas telah dilakukan, kawan-kawan tinggal menunggu proses validasi oleh pihak Flip. Flip akan memproses verifikasi identitas dan menunggu proses validasi / pemeriksaan kesesuaian data yang telah dikirim / upload dalam waktu maksimal 1x24 jam.

Jika verifikasi akun kawan-kawan gagal, maka dapat mengunggah dokumen lain sebagai dokumen pendukung atau kawan-kawan dapat menghubungi customer service Flip di chat bantuan pada aplikasi Flip atau melalui email hello@flip.id.

Cara Daftar / Membuat Akun Flip Lewat Website


Selain dapat membuat akun flip lewat aplikasi Flip, kawan-kawan juga dapat membuat akun Flip lewat website. Dengan website ini kawan dapat daftar akun Flip tidak hanya lewat handphone, tetapi juga dapat melakukan pendaftaran akun Flip lewat Komputer atau Laptop selama terdapat jaringan internet.

Berikut adalah cara daftar atau membuat akun flip lewat website:

  1. Buka website Flip di https://flip.id/ 
  2. Pilih 'DAFTAR FLIP SEKARANG'.
  3. Masukan nama lengkap sesuai kartu identitas, email yang masih aktif, dan password yang  akan gunakan.
  4. Masukan nomor handphone yang akan digunakan. Pastikan nomor handphone yang dimasukkan masih aktif. Jangan lupa untuk membaca Syarat & Ketentuan serta Kebijakan Privasi yang ditetapkan oleh Flip.
  5. Verifikasi nomor handphone dengan memasukan kode verifikasi atau OTP yang Flip kirimkan ke nomor handphone yang sudah didaftarkan. Jika kawan-kawan tidak menerima kode verifikasi dari Flip, bisa melakukan permintaan ulang atau bisa hubungi customer service melalui email hello@flip.id.
 
Setelah berhasil membuat akun Flip lewat website, Flip menyediakan fitur kirim uang bagi pengguna baru untuk mencoba bertransaksi di Flip dengan limit transaksi Rp500.000 per akun (akumulasi nominal transaksi). 

Jika total transaksi kawan-kawan sudah mencapai Rp500.000 sejak membuat akun Flip, maka  berapapun nominal transaksi selanjutnya akan diarahkan untuk verifikasi identitas. 

Verifikasi identitas ini wajib dilakukan karena sesuai peraturan Bank Indonesia, agar bisa menggunakan layanan Kirim Uang di Flip kawan-kawan perlu verifikasi identitas terlebih dahulu untuk pengecekan kartu identitas dan juga melakukan konfirmasi email.

Cara Verifikasi Akun Flip Melalui Website


Untuk verifikasi identitas melalui website Flip, caranya adalah sama dengan lewat aplikasi Flip. Kawan-kawan cukup mengunjungi website Flip, kemudian masuk ke akun Flip dengan memasukkan email terdaftar dan juga password akun Flip.

Langkah selanjutnya tinggal mengikuti semua instruksi pada website Flip tersebut, termasuk upload foto wajah / selfie, foto kartu identitas dan juga foto selfie dengan memegang KTP.

Pastikan ketiga foto tersebut diatas diambil di tempat dan waktu yang hampir sama. Jika kawan-kawan melakukan pengambilan gambar pada tempat dan waktu yang berbeda, maka verifikasi akan ditolak.

Jika verifikasi akun berhasil, maka Flip akan mengirimkan email jika akun sudah dapat digunakan. Kawan-kawan juga dapat menekan tombol 'Kirim Uang' untuk mengecek apakah akun sudah dapat digunakan.

Cara Verifikasi Akun Flip di Alfamart


Jika kawan-kawan kesulitan dalam verifikasi akun Flip baik lewat aplikasi maupun website, kawan-kawan dapat melakukan verifikasi akun Flip di Alfamart.

Berikut adalah cara verifikasi akun Flip di Alfamart:

  1. Masuk ke akun Flip dengan cara: Buka Flip.id dan masukkan email dan password. 
  2. Silakan isi data diri dan domisili.
  3. Cek alamat Alfamart non franchise di kotamu. Selanjutnya, sistem Flip akan menampilkan alamat dan lokasi Google Maps Alfamart non franchise di tempat tinggalmu. Verifikasi hanya dapat dilakukan di Alfamart non franchise yang Flip tampilkan.
  4. Datang ke Alfamart! Siapkan kartu identitas dan uang Rp4.000 untuk biaya admin di Alfamart non franchise. Silakan bilang ke kasir Alfamart bahwa ingin melakukan "Registrasi Flip" sambil menyerahkan kartu identitas yang didaftarkan di sistem Flip. Jika kasir Alfamart belum tahu mengenai "Registrasi Flip", silakan sampaikan untuk melakukan pengecekan di sistem E-TRANS pada menu "Ambil Uang".
  5. Verifikasi di Alfamart selesai dilakukan. Setelah membayar biaya administrasi, kasir Alfamart akan memberikan struk bukti verifikasi dari Alfamart. Silakan simpan struk bukti verifikasi ini. Sistem Flip juga akan memberikan notifikasi via email bahwa verifikasi di Alfamart sudah berhasil dilakukan.

Itulah tadi cara membuat akun Flip lewat aplikasi dan website dan juga cara verifikasi akun Flip lewat aplikasi, website dan juga cara verifikasi di Alfamart. Selamat menikmati transfer uang antar Bank dengan gratis biaya admin......
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url