Cara Transfer Beda Bank di BRIMO Menggunakan BIFast, Hanya Rp2.500

BI Fast merupakan metode transfer dana antar bank yang cepat, murah, mudah, aman dan handal. Transfer antar Bank menggunakan BI Fast sekarang bisa dilakukan di BRImo dengan biaya transfer Rp2.500. 

Menggunakan sistem BI Fast ini tentunya berbeda dengan metode cara transfer beda bank dengan bebas biaya admin milik Flip. Sistem BI Fast ini pastinya lebih cepat prosesnya bila dibandingkan dengan milik Flip tersebut.

BI Fast merupakan layanan terbaru dari Bank Indonesia yang sudah diluncurkan sejak Desember 2021. Layanan BI Fast ini sudah bisa dinikmati pengguna atau nasabah Bank BRI, termasuk pengguna BRI mobile banking atau BRImo.

Apa Itu BI Fast?


Dikutip dari website Bank Indonesia, disebutkan bahwa BI-FAST adalah infrastruktur Sistem Pembayaran ritel nasional yang dapat memfasilitasi pembayaran ritel secara real-time, aman, efisien, dan tersedia setiap saat (24/7).

Bank Indonesia mengembangkan BI-FAST terutama untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan layanan transfer dana yang lebih efisien, cepat (real-time), daan tersedia setiap saat (24/7). BI-FAST diharapkan dapat memperkuat ketahanan Sistem Pembayaran Ritel nasional dengan menyediakan alternatif terhadap infrastruktur Sistem Pembayaran nasional eksisting.

Manfaat bagi masyarakat, dengan adanya sistem BI Fast, transfer online antarbank akan dikenakan tarif Rp2.500, dimana sebelumnya biaya transfer antar Bank adalah Rp6.500.

Bank-Bank Yang Terdaftar di BI Fast


Saat artikel ini di-publish, sudah ada 42 Bank dan juga 1 lembaga nonbank yang telah terdaftar di sistem BI Fast yang terbagi dalam 2 gelombang. Dengan terdaftar di sistem BI Fast, akan memudahkan nasabah Bank yang bersangkutan, karena biaya transfer akan semakin murah, dari yang sebelumnya Rp6.500 menjadi Rp2.500.

Berikut ini adalah daftar 21 bank peserta gelombang pertama sistem BI Fast:

  1. Bank Tabungan Negara
  2. Bank Tabungan Negara UUS
  3. Bank DBS Indonesia
  4. Bank Permata
  5. Bank Permata UUS
  6. Bank Mandiri
  7. Bank Danamon Indonesia
  8. Bank Danamon Indonesia UUS
  9. Bank CIMB Niaga
  10. Bank CIMB Niaga UUS
  11. Bank Central Asia
  12. Bank UOB Indonesia
  13. Bank Mega
  14. Bank Negara Indonesia
  15. Bank Syariah Indonesia
  16. Bank Rakyat Indonesia
  17. Bank OCBC NISP
  18. Bank Sinarmas
  19. Bank Citibank NA
  20. Bank BCA Syariah
  21. Bank Woori Saudara Indonesia.

Adapun daftar 21 bank dan 1 lembaga nonbank peserta gelombang kedua sistem BI Fast adalah sebagai berikut:

  1. Kustodian Sentral Efek Indonesia
  2. Bank HSBC Indonesia
  3. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat & Banten (BJB)
  4. Pan Indonesia Bank
  5. Bank Multi Arta Sentosa
  6. Bank Sinarmas Unit Usaha Syariah
  7. Bank Maspion Indonesia
  8. Bank Pembangunan Daerah Bali
  9. Bank Digital BCA
  10. Bank Sahabat Sampoerna
  11. Allo Bank Indonesia
  12. Bank Pembangunan Daerah Jateng
  13. Bank Pembangunan Daerah Jateng Unit Usaha Syariah
  14. Bank Mandiri Taspen
  15. Bank Papua
  16. Bank National Nobu
  17. Bank Ganesha
  18. Bank KEB Hana Indonesia
  19. Bank Mestika Dharma
  20. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur
  21. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Unit Usaha Syariah
  22. Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Timur.

Cara Transfer Beda Bank Dengan Biaya Transfer Rp2.500 di BRIMO Menggunakan BI Fast


Sebagai informasi, transaksi BI Fast ini berlaku untuk bank yang sudah menerapkan layanan BI Fast. Berdasarkan rilis dari BRI, BRI sudah menggunakan layanan BI Fast yang dapat digunakan pada aplikasi BRImo. 

Tetapi walaupun kawan-kawan menggunakan BRImo, tetapi bank tujuan belum menggunakan sistem BI Fast, maka tarif transaksi masih normal yaitu Rp6.500. 

Berdasarkan yang telah kami coba, saat artikel ini ditulis hanya Bank yang terdaftar di Gelombang 1 yang sudah bisa menggunakan transfer sistem BI Fast dari BRImo, sehingga biaya transfer menjadi Rp2.5000. Sedangkan Bank-bank yang terdaftar pada gelombang 2 masih belum bisa menggunakan sistem BI Fast dari aplikasi BRIMO dan biaya transfer antar Bank masih Rp6.500. Dapat dilihat pada gambar diatas perbedaannya.

Tetapi kedepannya, tentu bank-bank yang terdaftar di sistem BI Fast pada gelombang ke-2 juga akan bisa menggunakan BI Fast ketika transfer dari BRIMO.

Berikut adalah cara transfer antar Bank di BRIMO menggunakan layanan BI Fast sehingga biaya transfer menjadi Rp2.500:

  1. Buka dan Login aplikasi BRImo.
  2. Pilih menu 'Transfer'. 
  3. Pada halaman Transfer, pilih 'Tambah Daftar Baru'. 
  4. Pilih Bank Tujuan dengan meng-klik tanda panah ke bawah untuk memilih bank tujuan. 
  5. Pilih Metode transfer dengan klik tanda panah ke bawah, lalu pilih 'Transfer BI-Fast'. Jika bank tujuan belum menyediakan layanan BI Fast, maka secara otomatis menu 'Metode Transfer' tidak akan muncul, dan akan dilakukan metode transfer seperti biasanya dengan biaya admin Rp6.500.
  6. Untuk memasukkan nomor tujuan / alias, bisa memilih salah satu dari nomor rekening, nomor handphone atau masukkan email tujuan yang terdaftar BI-Fast dengan meng-klik tanda centang pada sebelah kiri pilihan yang tersedia.
  7. Masukkan nomor rekening atau nomor handphone atau email sesuai yang dipilih diatas.
  8. Pilih 'Lanjutkan'.
  9. Masukkan nominal transfer. Minimal transfer antar bank lewat BRImo menggunakan BI Fast adalah Rp10.000. 
  10. Pilih rekening sumber yang akan digunakan. Jika hanya ada 1 rekening di BRImo maka akan otomatis terisi daftar rekening tersebut.
  11. Pilih 'Transfer'.
  12. Pada halaman konfirmasi cek data yang ditampilkan, seperti sumber dana, nomor tujuan berikut nama penerima, nominal. Pada halaman ini juga ditampilkan informasi bahwa biaya admin transfer antar bank menggunakan BI Fast adalah Rp2.500. Jika sudah benar, maka pilih 'Transfer'.
  13. Masukkan PIN BRImo.
  14. Tunggu sampai muncul notifikasi bahwa Transaksi berhasil.

Itulah tadi penjelasan tentang apa itu BI Fast?, Bank-Bank yang telah terdaftar di sistem BI Fast, dan juga cara transfer lewat BRIMO menggunakan BI Fast dengan biaya transfer Rp2.500.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url