Cara Mudah dan Terbaru Daftar SeaBank Menggunakan Akun Shopee

Sekarang, kawan-kawan bisa lo, membuka rekening SeaBank menggunakan akun Shopee. Kawan-kawan cukup memilih 'daftar dengan Shopee' ketika akan melakukan pendaftaran atau buka rekening SeaBank, dan kemudian melanjutkan sesuai instruksi yang tertera.

Tentunya bagi kawan-kawan pengguna Shopee sering melihat pop up di aplikasi Shopee agar segera membuka rekening SeaBank dengan berbagai promo dan benefit yang ditawarkan. Hal ini wajar, karena SeaBank ini satu grup dengan Shopee, sehingga mereka gencar membidik pelanggan dan pengguna Shopee agar membuka rekening SeaBank melalui aplikasi Shopee.

Pembukaan rekening SeaBank ini bisa dilakukan secara online, sehingga kawan-kawan tidak perlu datang ke kantor SeaBank.

Apa itu SeaBank?


SeaBank adalah aplikasi perbankan digital yang memberikan pengalaman mudah dan nyaman dalam melakukan transaksi dan mengatur keuangan melalui smartphone. Kawan-kawan dapat melakukan transaksi dan menerima saldo dari sesama rekening SeaBank dan rekening bank lain.

Aplikasi SeaBank merupakan produk dari PT Bank Seabank Indonesia. PT Bank Seabank Indonesia ini merupakan milik Sea Group yang juga perusahaan induk dari situs e-commerce Shopee dan penerbit game online Garena.

Sebelum diakuisisi oleh Sea Group pada Februari 2021, Bank ini bernama PT Bank Kesejahteraan Ekonomi (Bank BKE).

Apakah SeaBank Aman?


Aplikasi SeaBank milik PT Bank Seabank Indonesia ini terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta merupakan peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Jadi secara regulasi, bank digital ini termasuk aman.

Keuntungan Menggunakan SeaBank


Sebelum membuka rekening SeaBank, tentu banyak yang bertanya apa saja keuntungan yang diperoleh jika kita membuka rekening SeaBank? Berdasarkan rilis di website SeaBank berikut adalah beberapa manfaat atau keuntungan jika kawan-kawan menjadi nasabah SeaBank:


Syarat Membuka Rekening di SeaBank di Shopee


Sebelum dapat menikmati berbagai keuntungan menjadi nasabah SeaBank, kawan-kawan terlebih dahulu harus membuka rekening SeaBank. Bagi siapapun yang ingin membuat tabungan SeaBank di Shopee wajib memenuhi beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku, antara lain :

  1. Warga Negara Indonesia yang memiliki KTP. Untuk membuka rekening pada aplikasi SeaBank kawan-kawan harus sudah mempunyai e-KTP. Jika tidak punya / belum menerima e-KTP, kawan-kawan tidak dapat membuat rekening di aplikasi SeaBank. Apabila e-KTP kawan-kawan masih dalam proses pembuatan, mohon tunggu sampai kawan-kawan mendapatkan e-KTP sebelum membuka rekening di aplikasi SeaBank.
  2. Mempunyai smartphone. Karena SeaBank ini merupakan bank digital berbasis aplikasi, tentunya Kawan-kawan harus memiliki smartphone dengan spesifikasi yang disyaratkan. Untuk menggunakan aplikasi SeaBank, smartphone kawan-kawan harus memilki salah satu OS berikut:
    • iOS versi 10.0 atau yang lebih tinggi
    • Android versi 5.0 atau yang lebih tinggi
  3. Tidak terdaftar sebagai nasabah Non-digital SeaBank.
  4. Mempunyai Akun Shopee. Untuk membuka rekening SeaBank di Shopee tentu saja Kawan-kawan wajib mempunyai akun Shopee. Nantinya data pada akun Shopee akan digunakan untuk data nasabah di SeaBank.
  5. Nomor handphone yang masih aktif. Untuk mempermudah proses pendaftaran, sebaiknya nomor handphone di SeaBank sama dengan nomor handphone di Shopee.

Cara Membuka Rekening SeaBank di Shopee


Setelah mengetahui syarat untuk membuat atau daftar SeaBank dan syarat tersebut dipenuhi, kawan-kawan dapat segera membuka rekening SeaBank. Siapkan dokumen pendukung untuk pendaftaran, yang paling penting adalah e-KTP asli. 

Akun SeaBank kawan-kawan baru dapat digunakan setelah data e-KTP kawan-kawan telah berhasil diverifikasi. Kawan-kawan dapat membuka rekening SeaBank melalui aplikasi SeaBank dengan cara berikut:

  1. Download dan install aplikasi SeaBank di App Store untuk pengguna iOS atau Google Play Store untuk pengguna android.
  2. Buka aplikasi SeaBank.
  3. Pada halaman awal, akan muncul pilihan 'Daftar dengan Shopee' dan juga 'Daftar dengan no. Handphone'. Pilih Daftar dengan Shopee untuk menghubungkan dengan akun Shopee milik kawan-kawan. 
  4. Akan dialihkan ke aplikasi Shopee, untuk menghubungkan akun Shopee kawan-kawan dengan akun SeaBank kawan-kawan. Lalu, pilih 'Lanjut'. 
  5. Akan kembali ke aplikasi SeaBank, untuk melakukan konfirmasi nomor handphone kawan-kawan, lalu pilih 'Lanjut'. 
  6. Masukkan kode verifikasi (OTP) yang telah dikirimkan ke nomor yang didaftarkan sebelumnya.
  7. Buat password akun SeaBank yang terdiri dari 8-16 karakter dan harus mengandung huruf dan angka. Password adalah sandi rahasia yang digunakan untuk log in ke akun SeaBank. 
  8.  Lalu, pilih 'Lanjut'. 
  9. Langkah berikutnya adalah verifikasi e-KTP. Siapkan e-KTP asli, lalu pilih 'Ambil Foto e-KTP'. Pada saat ambil foto e-KTP, usahakan untuk berada di lokasi dengan intensitas cahaya yang cukup baik, agar hasil foto bisa terlihat dan terbaca dengan jelas. Ambil foto e-KTP di mana seluruh bagiannya dapat terlihat jelas dan tidak terpotong
  10. Pilih 'Konfirmasi' setelah kawan-kawan mengambil foto e-KTP. 
  11. Informasi e-KTP kawan-kawan, seperti nama, nomor KTP, tanggal lahir, kota kelahiran, negara, jenis kelamin, status perkawinan dan juga alamat akan terisi secara otomatis di kolom yang tersedia. Kemudian, klik 'Selanjutnya'. Jika setelah di klik Selanjutnya kawan-kawan tidak diarahkan ke proses Verifikasi Wajah, maka kawan-kawan dapat melakukan video verifikasi dengan tim SeaBank dengan meng-klik tombol 'Verifikasi Sekarang'. Proses verifikasi video akan memakan waktu kurang dari 5 menit. Harap perhatikan hal berikut untuk memastikan proses verifikasi video tidak terganggu:
    • Siapkan KTP asli,
    • Siapkan dokumen pendukung seperti NPWP atau Surat Izin Mengemudi (jika ada),
    • Pastikan koneksi internet Anda stabil, dan
    • Pastikan memiliki pencahayaan yang cukup selama panggilan berlangsung
  12. Kawan-kawan akan diarahkan ke halaman Verifikasi Wajah. Untuk memudahkan proses verifikasi, mohon untuk tidak menggunakan masker atau objek yang menutupi wajah. Selain itu pastikan untuk berada di lokasi yang mempunyai pencahayaan yang baik. Jika sudah siap klik 'Mulai'. 
  13. Ikuti instruksi verifikasi wajah yang ditampilkan. Apabila verifikasi wajah kawan-kawan gagal, maka akan diberikan kesempatan hingga 3 kali percobaan untuk melakukan verifikasi wajah kembali.
  14. Isi informasi pribadi seperti tujuan pembukaan rekening, penghasilan perbulan, sumber penghasilan dan juga pekerjaan, kemudian klik 'Selanjutnya'. 
  15. Setujui Syarat & Ketentuan SeaBank dengan memberikan centang pada bagian bawah Syarat & Ketentuan. Kemudian, klik 'Selanjutnya'.
  16. Buat PIN aplikasi SeaBank dan kemudian konfirmasi PIN sekali lagi. PIN ini adalah password rahasia yang akan digunakan untuk verifikasi sebelum aktivitas dan/atau transaksi penting diproses di aplikasi SeaBank.
  17. Setelah seluruh proses selesai, SeaBank akan memeriksa kembali pengajuan kawan-kawan dalam waktu 1 hari kerja. Mohon menunggu notifkasi yang akan dikirimkan dalam aplikasi SeaBank dan/atau SMS.
  18. Jika pengajuan akun SeaBank telah disetujui, maka kawan-kawan akan melihat halaman 'Application Successful' dan kemudian bisa klik 'OK' untuk diarahkan ke halaman utama akun SeaBank kawan-kawan. Namun, jika pengajuan akun SeaBank ditolak, maka akan melihat halaman 'Application Unsuccessful' dan kawan-kawan bisa klik 'Reapply Now'. Kawan-kawan akan diarahkan kembali ke halaman foto KTP dan ikuti instruksi pembukaan akun SeaBank

Setelah terdaftar sebagai nasabah SeaBank, kawan-kawan tidak akan mendapatkan buku rekening fisik. Akan tetapi kawan-kawan bisa mengunduh e-statement di aplikasi SeaBank melalui menu saya (Saya > e-Statement).

Jika ada pertanyaan seputar pembukaan rekening SeaBank atau juga tentang seputar SeaBank, kawan-kawan dapat menghubungi layanan Customer Service SeaBank yang tersedia 24 jam, Senin s/d Minggu melalui email: cs@seabank.co.id atau nomor telpon 1500 130.

Itulah tadi tentang apa itu SeaBank?, Keuntungan menjadi nasabah SeaBank, Syarat untuk menjadi nasabah SeaBank dan juga cara buka rekening SeaBank menggunakan akun Shopee terbaru.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url