Cara Naik dan Bayar Commuter Line Pakai Aplikasi LinkAja

Saat ini kita lagi berada di eranya zaman cashless, alias banyak transaksi yang meminimalisir penggunaan uang tunai. Salah satunya adalah Kawan-kawan dapat naik dan bayar KRL Commuter Line pakai aplikasi LinkAja, tanpa kartu fisik ataupun uang tunai.

Untuk naik KRL Commuter Line pakai aplikasi LinkAja, kawan-kawan cukup memindai barcode di aplikasi LinkAja di mesin scanner berwarna merah yang bertanda LinkAja di pintu masuk stasiun keberangkatan.

Kemudian ketika turun dan keluar di stasiun tujuan, kawan-kawan melakukan pindai barcode LinkAja di mesin scanner berwarna merah yang bertanda LinkAja.

Cara Naik dan Bayar Tiket KRL Commuter Line Menggunakan LinkAja


Dengan menggunakan LinkAja, merupakan solusi bagi kawan-kawan yang tidak mempunyai kartu multitrip atau kartu uang elektronik bank. Proses pembayaran tiket KRL Commuter Line menggunakan LinkAja ini juga terbilang cepat. 

Untuk dapat melakukan pembayaran tiket KRL Commuter Line, kawan-kawan tidak perlu melakukan upgrade ke akun LinkAja full service. Pastikan saldo LinkAja kawan-kawan cukup untuk melakukan perjalanan terjauh (saat ini Rp 13.000) sebelum digunakan untuk pembayaran perjalanan KRL Commuter Line.

Jika saldo LinkAja sudah habis, kawan-kawan bisa melakukan top up saldo LinkAja menggunakan BRIMO, ataupun bisa juga isi saldo LinkAja melalui Bank BCA.

Berikut adalah cara melakukan pembayaran perjalanan KRL Commuter Line menggunakan aplikasi LinkAja, langsung dari smartphone:

  1. Buka aplikasi LinkAja ketika kawan-kawan mendekati pintu masuk/ gate in di stasiun keberangkatan. Pastikan juga tersedia paket internet dan juga jaringan internet yang stabil. Hal ini untuk mempercepat proses transaksi di mesin scanner.
  2. Pilih ikon 'Kode Tiket' pada halaman utama aplikasi LinkAja untuk menampilkan kode tiket. Kawan-kawan juga bisa shake/ goyang handphone untuk menampilkan kode tiket. 
  3. Arahkan Kode Tiket pada scanner yang tersedia di gate in, saldo akan otomatis terpotong senilai tarif jarak terjauh (Rp 13.000). Untuk diketahui ada pintu khusus bagi penumpang KRL pengguna LinkAja, dengan ciri khas warnanya merah dan ada kotak pemindai, letaknya di bawah kotak kuning bertuliskan 'Tempel di sini'. 
  4. Masuk ke dalam gerbong KRL Commuter Line dan naik hingga ke stasiun tujuan.
  5. Setelah turun dari KRL, buka aplikasi LinkAja di stasiun tujuan. Goyangkan HP jika sudah di gate out di stasiun tujuan atau bisa juga pilih menu 'Kode Tiket', arahkan kode tiket ke kotak pemindai.
  6. Saldo akan otomatis dikembalikan sesuai tarif perjalanan. Contoh jika tarif perjalanan naik KRL adalah  Rp 3.000, maka Rp 10.000 akan dikembalikan ke saldo LinkAja kawan-kawan.

Itulah tadi cara naik dan bayar biaya perjalanan naik KRL Commuter Line menggunakan LinkAja. Untuk kelancaran proses transaksi, pastikan jaringan internet stabil dan juga tersedia saldo LinkAja minimal Rp 13.000.

Berangkat ke kantor atau sekedar keliling Jabodetabek jadi lebih mudah dan cepat dengan pakai LinkAja di KRL Commuterline!

Update :

Pengumuman LinkAja tidak bisa untuk bayar Commuter Line lagi


Mulai 16 Januari 2023 Pembayaran tiket commuterline di Jabodetabek dan Yogya-Solo dengan aplikasi LinkAja akan dinonaktifkan. Kawan-kawan pengguna commuterline dapat menggunakan pilihan pembayaran lainnya dengan kartu multi trip, uang elektronik bank atau QR Code lainnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url