Penyebab Transvision Nusantara HD Hilang di Frekuensi C Band dan Cara Mengatasinya



Pada 9 Februari 2022 kemarin, banyak pengguna Transvision Nusantara HD yang mengeluhkan siaran televisinya tiba-tiba hilang. Kejadian ini menimpa hanya untuk pengguna Nusantara HD yang menggunakan Parabola Besar atau Parabola jaring untuk layanan Tranvision C Band.

Sementara untuk pengguna Transvision Nusantara HD KU Band atau yang menggunakan Parabola disc kecil, tetap aman-aman saja dan dapat menikmati tayangan-tayangan HD dari Transvision.

Tentunya bagi pengguna Tranvision Nusantara HD C Band banyak yang mencari kenapa tayangan Transvision Nusantara HD di C Band tersebut hilang? Dan juga bagaimana cara mengatasi tayangan Transvision Nusantara HD di C Band yang hilang tersebut?

Penyebab Tayangan Transvision Nusantara HD hilang di C Band


Sebenarnya informasi tentang Transvision yang akan mematikan transponder C Band di satelit Telkom 4 mulai Februari 2022 sudah disampaikan Transvision melalui akun Instagram @transvisionnusantarahd pada bulan Desember tahun 2021 yang lalu.

Disebutkan bahwa kebijakan untuk mematikan transponder C Band di satelit Telkom 4 sebagai upaya untuk memperbaiki kualitas tayangan dan siarannya dan juga bentuk komitmen Transvision terhadap kepuasan pelanggannya.

Meski demikian, pengguna receiver Transvision Nusantara HD tetap dapat memanfaatkan receiver yang selama ini digunakan untuk menerima tayangan dari Transvision pada frekuensi C Band untuk mengakses siaran televisi FTA (Free to Air) dari satelit Telkom 4 dan lain-lain tanpa harus berlangganan paket dari Transvision.

Tetapi untuk MotoGP dan beberapa siaran Olahraga favorit tentunya akan diacak, jika kawan-kawan menontonnya di siaran televisi FTA dari satelit Telkom 4 tanpa berlangganan.

Cara Mengatasi Hilangnya Siaran Transvision Nusantara HD


Seperti dijelaskan diatas bahwa penyebab siaran Transvision Nusantara HD di frekuensi C Band (untuk pengguna parabola jaring atau besar) hilang mulai 9 Februari 2022 adalah karena pihak Transvision sudah mematikan transponder C Band di satelit Telkom 4.

Untuk mengatasi masalah tersebut melalui Instagramnya yang diunggah pada 14 Desember 2021, mengajak kepada pelanggan layanan Transvision Nusantara HD yang selama ini menggunakan frekuensi C Band di antena parabola jaring untuk upgrade ke frekuensi Ku Band di satelit Measat 3B dengan menggunakan parabola mini sebelum 1 Februari 2022.

Melalui unggahan tersebut juga disebutkan bahwa Transvision juga memberikan sejumlah bonus kepada pelanggan Transvision Nusantara HD yang melakukan migrasi dari layanan C Band ke Ku Band sebelum 1 Februari 2022, yaitu gratis tanpa perlu beli paket migrasi, termasuk di antaranya gratis all channel sebanyak 110 channel selama dua bulan terhitung sejak pertama kali melakukan migrasi, tayangan super tajam dengan kualitas HD (High Definition) dan suara lebih jernih.

Untuk infi lebih lanjut, kawan-kawan dapat menghubungi customer service Transvision Nusantara HD di nomor 0811 9965 111 atau juga dealer terdekat dari rumah kawan-kawan.

Jadi untuk mengatasinya siaran Tranvision Nusantara HD di frekuensi C Band yang hilang, kawan-kawan harus beralih ke siaran Transvision Nusantara HD di frekuensi KU Band dengan mengganti antena parabola menjadi antena parabola kecil dan juga lnb untuk KU Band.

Di beberapa grup teknisi agar lebih hemat ada juga yang menyarankan untuk cukup menambahkan Lnb KU band saja pada antena parabola jaring / parabola besar. Contoh settingannya ada pada gambar dibawah ini.

Untuk contoh foto jadinya penambahan lnb Ku band pada antena parabola jaring dengan lnb C Band dapat dilihat pada foto dibawah ini.

Jika kawan-kawan kesulitan dalam memasang antena parabola Ku-band untuk mengganti antena parabola C-band atau juga dalam menambahkan lnb Ku-band pada parabola jaring besar agar dapat menikmati siaran Transvision Nusantara HD, sebaiknya hubungi teknisi parabola terdekat.

Itulah tadi penyebab tayangan Transvision Nusantara HD di frekuensi C Band hilang dan juga cara mengatasi tayangan Transvision Nusantara HD di frekuensi C Band yang hilang, yaitu dengan beralih ke frekuensi KU Band.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url